Profil PENA

Perkumpulan Pena Merupakan LSM  lokal di Kalimantan Barat yang berdiri pada tanggal 12 Desember 2002 dan resmi menjadi organisasi dan di akta Notaris Ratna Helena Purba, SH, No 1 tanggal 3 september 2003. Terdaftar di Pengadilan Negeri Pontianak tanggal 4 september 2003 No:82/PP.Pendf/2003.

 

VISI:

Menjadi Lembaga Swadaya Masyarakat yang bekerjasama dengan masyarakat untuk mencapai kemandirian dalam bidang ekonomi melalui pendidikan politik, pemberdayaan hukum rakyat, dan Pengelolaan sumber daya alam secara adil dan berkelanjutan.

MISI:

  1. Mendorong Pengembangan kemandirian ekonomi rakyat;
  2. Memperluas partisipasi politik perempuan;
  3. Melakukan Advokasi hukum rakyat;
  4. Mendorong terlaksananya praktek praktek pengelolaan sumber daya alam yang adil dan lestari

 

Pengalaman Organisasi:

  1. Program Pengembangan kemandirian Ekonomi Rakyat;

– 2004 -2006, Seri training tentang Credit Union (CU) di Wilayah, Masyarakat Adat Pegunungan Niut.

– Mei 2004-2012, Fasilitasi Pembentukan Kelompok Usaha bersama Petani Karet di pegunungan Niut.

– April 2014- sekarang, Memfasilitasi Pembentukan Kelompok usaha Ekonomi Produktif untuk Kelompok perempuan yang tinggal di sekitar perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Bengkayang, Landak, Sanggau, Melawi dan Sintang (kaliman Barat).

2. Program Bantuan Hukum (Litigasi dan Non Litigas )

– Maret 2006, Bantuan Hukum Non Litigasi kasus masyarakat Desa Semunying Jaya Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang..

– Nopember 2006-Januari 2007, Mediasi Konflik Masyarakat Engkadik Ade dengan PT. Airlangga Sawit Jaya di Kabupaten Landak.

– Juli-Oktober 2009, Mediasi Konflik Masyarakat Dengan PT. Perkebunan Anak Negeri Pasaman dalam proses Assesment HCVF5 dan HCVF6 di kabupaten Landak.

-Juli-September 2010, Penyediaan Bantuan Litigasi dan Non Litigasi untuk Ibu Norwety dan Ibu Linda dengan PTPN XIII di Pengadilan Negeri Sanggau.

3. Program Media dan Advokasi Hak-hak Masyarakat Adat

– Januari-Juni 2004, Penerbitan Buku : Berat Sawit, Untung ataiu Rugi

-Januari-Desember 2004, Riset Aksi: Intervensi Untuk Pemilu damai di wilayah pasca konflik Indonesia pada pemilu 2004.

– Juni 2004, Seri Konsultasi Draf Deklarasi Masyarakat Adat Perserikatan Bangsa- Bangsa di Kalimantan Barat.

Mei 2005, Musyawarah Besar Masyarakat Adat Pegunungan Niut.

Nopember 2005, Perencanaan Strategis dan Program Untuk Pemberdayaan Masyarakat Adat di Pegunungan Niut.

– Januari-Desember 2006 Pendirian Radio Komunitas Masyarakat Adat Pegunungan Niut.

– Januari-November 2008, fasilitasi Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Radio Komunitas Se-Kalimantan Barat untuk menumbuhkan Kesadaran Mencegah Terjadinya illegal Logging.

– Juni 2010- September 2010, Penelitian: Pemahaman Masyarakat Perbatasan di Lima Kabupaten Kalimantan Barat tentang Fungsi dan Peran DPD RI.

– Juni 2010- Juni 2011, Menyediakan Forum Konsultasi Antara Masyarakat Perbatasan di Lima Kabupaten dengan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.

– September 2012- Mei 2013, Penelitian: “ Pengaruh Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap kehidupan Sosial Ekonomi Perempuan”. Di lima Kabupaten ( Bengkayang, Sanggau, Landak, Melawi dan Sintang) Kalbar.

– September 2013- April 2014, Penelitian: “ Menuju tata kelola hutan terpadu dan demokratis ; Belajar dari tata kelola hutan Mangrove di Desa Batu Ampar kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat ”.

– November 2013-sekarang: “ Memperkuat Pemahaman hukum dan peningkatan ekonomi melalui usaha produktif Kelompok perempuan yang tinggal di sekitar Perkebunan Kelapa Sawit di Kalimantan Barat.

Pemberdayaan